Jan 18, 2021 Bisnis Sukses Rumahan

Mengintip Peluang Bisnis Laundry Di Tengah Pandemi

Penting untuk Anda ingat bahwa, bisnis yang sukses salah satunya dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan yang tepat. Untuk itu, gunakan aplikasi akuntansi online untuk manajemen keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah, praktis, dan akurat. Daftar sekarang juga untuk mencoba Jurnal secara GRATIS selama 14 hari. Anda bisa mengakomodir para pekerja dan mahasiswa yang sibuk sehingga tidak sempat mengantarkan pakaian kotor mereka ke tempat laundry. Pastikan Anda memilih lokasi yang strategis untuk memulai bisnis laundry. Usaha strategis bisa dari lokasinya yang dekat dengan jalan raya atau bisa juga dekat dengan perkantoran atau kampus.

Kita harus siap menghadapi komplain dari pelanggan yang kurang puas dengan pelayanan yang kita berikan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu memuaskan pelanggan agar kesan yang didapatkan pelanggan pun baik dan dengan senang hati mereka akan membawakan pelanggan baru bagi kita. Pelanggan tidak akan peduli apakah kita sedang liburan atau sedang sakit sekalipun. Jika kita ingin bisnis terus berjalan, maka jadilah owner yang siap sedia. Namun pastikan untuk mempekerjakan saudara yang memang memiliki kemampuan dan bertanggung jawab.

Berbisnis jasa laundry

Ingat, tidak ada salahnya mematok harga khusus untuk layanan ini, selama masih dalam batas yang wajar dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk menentukan jam-jam pengiriman yang jelas dan memastikan ada yang akan menerima barang saat dikirimkan ke alamat para pelanggan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, siapkan juga pilihan layanan untuk antar jemput pakaian milik para pelanggan.

1.5 juta per hari, sebuah laundry harus mendapatkan setidaknya eighty pelanggan . Dan ini sulit dicapai ketika Anda hanya mengandalkan pelanggan yang datang ke lokasi laundry Anda. Akad ijarah dimulai ketika pelanggan memberikan pakaian yang akan dicucikan kepada pihak laundry, lalu dibuat nota yang berisi tanggal penerimaan, berat pakaian, dan harganya. Dengan ini, maka pihak laundry mulai memiliki kewajiban untuk mencuci dan menyetrika pakaian pelanggan dan pelanggan memiliki kewajiban untuk membayarnya ketika pakaian sudah selesai. Sedangkan berakhirnya akad ijarah ketika pihak laundry menyelesaikan pekerjaannya dan menyerahkan pakaian tersebut ke pemilik , dan upah langsung dibayarkan.

Kesibukan tersebut belum lagi ditambah dengan memasak, beres-beres rumah, hingga mungkin mengurus anak. Pada saat akhir pekan pun, mereka akan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk bersantai dengan keluarga. Akhirnya laundry menjadi pilihan untuk mencuci baju mereka yang kotor. Anda hanya bertugas untuk mengurus pakaian kotor dari orang yang mungkin bahkan tidak Anda kenal. Namun sebelum Anda mendalami seluk beluk bisnis ini, ada baiknya terlebih dahulu mengapa sangat layak untuk terjun di bisnis ini. Dalam memulai usaha laundry ini, hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah mempersiapkan modal untuk usaha tersebut.

Karena lokasi yang dekat dengan keramaian orang akan lebih mudah dijangkau daripada lokasi yang jauh seperti di pegunungan atau gang kecil yang akan susah untuk diketahui konsumen. Pasti kamu tidak mau kan, kalau bisnis kamu sepi dari pelanggan? Dari alasan tersebut, bisnis jasa laundry banyak Kong4D dilirik para pelaku bisnis. Pasangan yang baru menikah, yang keduanya sama-sama membangun karir, tidak punya waktu untuk mencuci sendiri pakaian mereka. Mereka lebih memilih untuk me-laundry pakaian mereka ketimbang menggaji pembantu rumah tangga, karena lebih hemat dan tentunya lebih aman.

Karena itu, melakukan promosi untuk memperkenalkan bisnis Anda sangat penting dilakukan. Selain spanduk laundry yang menarik di bagian depan toko dan promosi dari mulut ke mulut, manfaatkan juga brosur dan selebaran untuk disebarkan ke penduduk sekitar. Ketika sudah menentukan di mana lokasi bisnis Anda, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan survei kecil-kecilan.