Aug 29, 2020 Ide Bisnis Barang

5 Ideas Mengoptimalkan Peluang Usaha Restoran Saat Pandemi Covid

Dalam prosesnya, bisnis digital justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk keluar dari persoalan, bahkan dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari masa krisis. Intinya, diperlukan integritas dalam jiwa setiap pelaku usaha sehingga muncul peluang untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Tak hanya itu, bisnis di sektor Slot Online makanan dan minuman juga dianggap membutuhkan modal yang relatif kecil, tenaga kerja yang tak terlalu banyak, namun dengan margin laba yang besar dan perputaran arus kas yang cepat. Rasa cemas dan panik tentu mendarat di hati para pelaku bisnis ketika krisis ekonomi menyebar di hampir seluruh negara di dunia akibat COVID-19.

Inovasi cara bisnis saat pandemi

Pasalnya, pekerjaan apa pun akan terasa lebih mudah dan menyenangkan bila memang sesuai passion. Memiliki pengetahuan yang cukup soal produk yang akan dipasarkan otomatis juga akan membuat Anda lebih percaya diri dalam menjalankan bisnis. Membeli makanan adalah hal yang biasa, namun yang memberikan kesan dari sebuah restoran adalah suasana makan yang diberikan. Sejumlah restoran menjual makanan dan cocktail beserta perlengkapan lengkap agar konsumen bisa merancang sendiri suasana makan di rumah layaknya di restoran. Meskipun cara ini tak sepenuhnya menggantikan pengalaman makanan di restoran, namun cara ini adalah alternatif yang bagus.

Hal ini membuat platform healthtech sendiri juga terus terdorong untuk meningkatkan kualitas layanan digital setelah meningkatnya permintaan dari masyarakat. Semakin meningkatnya angka positif virus corona di Indonesia membuat setiap elemen masyarakat terus bahu membahu untuk bersama-sama menekan laju penyebaran virus tersebut, termasuk startup-startup lokal. Bagi startup sendiri, mereka dapat memberikan kontribusi melalui inovasi produk serta sinergi yang diciptakan untuk membantu kegiatan dan kebutuhan masyarakat selama masa pandemi. Di sisi lain, kontribusi ini sendiri dapat menunjukkan apakah produk yang dimiliki memang tetap dibutuhkan masyarakat meski saat masa-masa sulit.

Dengan menciptakan produk baru yang berbeda dengan produk lain, maka akan memiliki suatu nilai “plus” dibandingkan dengan produk lain. Oleh karena itu, penting untuk mendorong pengembangan kreativitas dan menjadi benar-benar inovatif. Dengan menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif, maka juga akan mendorong pada peningkatan produktivitas. Di mana pribadi yang produktif memiliki kemauan untuk menghasilkan sesuatu yang lebih banyak dari biasanya.

Biaya untuk kegiatan riset tersebut konon dijanjikan bisa digunakan untuk mengurangi pajak hingga 200%-300%. Insentif ini diberikan bagi industri pionir yang mengaplikasikan teknologi baru. Pemerintah juga merilis kebijakan tremendous tax deduction untuk kegiatan riset dan pengembangan . Sementara regulasi adalah produk pemerintah yang dikeluarkan untuk mengatur kebiasaan yang sudah terjadi menjadi kebiasaan yang diinginkan. Kalau pemahaman ini sejalan, inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh dunia usaha akan mendorong inovasi yang dilahirkan oleh pemerintah melalui regulasi.

Salah satu contohnya adalah di Vietnam, yang meluncurkan sebuah teknologi untuk melihat berbagai macam situs bersejarah secara digital. Tentu dengan adanya pergeseran pola hidup masyarakat, para leader harus tancap gasoline mempercepat strategi dan inovasi bisnisnya. Sebenarnya, jenis makanan beku atau frozen meals ini sudah beredar di pasaran sebelum pandemi mewabah.

Tahun 2020 menjadi masa yang berat bagi semua pelaku usaha di berbagai industri. Keterbatasan mobilitas menjadi salah satu yang menjadi tantangan terberat hingga April lalu, terutama bagi industri food & drinks (F&B). Membuat bisnis makanan yang khusus dikirimkan untuk keluarga yang sedang berkabung.

Selain berjualan ala kaki lima, Septi mengaku pemasaran juga mengandalkan media online. Instagram dipilihnya sebagai media sosial untuk mempromosikan produknya setiap saat. Tak hanya itu, pihaknya juga membuka layanan pengiriman bagi warga yang sedang isoman, sebagai langkah untuk membantu warga yang terdampak pandemi. Saat ditemui di kawasan Celuk, Sukawati, Gianyar ini, pemilik Bara Silver ini mengaku beralih ke usaha kuliner kemasan untuk sementara waktu.